Friday, January 1, 2016

KOZI 5, Berbagi itu Indah




 Konsultasi Gizi (KOZI) 5 kali ini hadir dengan nuansa yang berbeda dari kozi sebelum-sebelumnya. Kozi 5 kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 November 2015 yang bertempat di Desa Junrejo, Batu. Kozi 5 kali ini bekerjasama dengan Dosen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang melibatkan seluruh angkatan Gizi 2014. Kozi 5 berjalan dengan lancar. Semua mahasiswa dan dosen terlebih dahulu berkumpul di Universitas Brawijaya dan proses pemberangkatan menuju lokasi dengan mengendarai truk TNI. Acara Kozi 5 ini  dimulai pukul 08.30 WIB setelah resmi dibuka di PUSKESMAS Junrejo oleh Kepala Puskesmas. Dalam Kozi 5 ini dibagi dalam 5 golongan yang ditempatkan di 3 tempat, yaitu di SDN Dadaprejo 1 Junrejo dimana peserta kozinya adalah semua siswa kelas 6 beserta guru-guru, tempat yang kedua adalah Posyandu Junrejo dimana pesertanya adalah balita beserta pengasuhnya dan ibu hamil, tempat yang ketiga adalah Balai lansia Junrejo dimana pesertanya adalah para lansia. Adapun masing-masing tempat mempunyai jumlah partisipan dan pengukuran anthropometri yang berbeda-beda.
Pengukuran anthropometri untuk siswa SD yaitu Berat Badan, Tinggi Badan, Palpasi dan Anemia. Pengukuran anthropometri untuk guru SD yaitu seperti kozi pada biasanya (pengukuran LiLA, Waist Circumference, Tinggi Badan, Berat Badan dan Tekanan Darah). Pengukuran anthropometri untuk Ibu Hamil
yaitu Berat Badan, Tinggi Badan, Anemia, LiLA, dan Oedema. Pengukuran anthropometri untuk Balita yaitu Panjang Badan/Tinggi Badan dan Berat Badan. Pengukuran anthropometri untuk Pengasuh Balitanya yaitu seperti kozi pada biasanya (pengukuran LiLA, Waist Circumference, Tinggi Badan, Berat Badan dan Tekanan Darah). Sedangkan, Pengukuran anthropometri untuk Lansia yaitu Tinggi Lutut, Berat Badan, Tekanan Darah, Cek Gula Darah dan Anemia. Setelah dilakukan pengukuran, maka dilakukan tabulansi dan konsultasi Gizi. Khusus untuk siswa SD dilakukan juga penyuluhan Gizi Seimbang.

Gambar 1. Penyuluhan Gizi Seimbang

 Gambar 2. Pengukuran Anemia

 Gambar 3. Konsultasi Gizi Guru SD


Gambar 4. Pengukuran Tinggi Lutut Lansia

 Gambar 5. Konsultasi Gizi Lansia

Gambar 6. Pengukuran Tinggi Badan


Gambar 7. Konsultasi Gizi Balita dan Pengasuhnya

Peserta yang datang pada Kozi 5 ini sebanyak 201 peserta Sekitar pukul 09.30 WIB, peserta yang datang mencapai puncaknya. Para peserta berbondong-bondong melakukan registrasi dan mengantri pengukuran pada Kozi 5 ini. Karena banyaknya jumlah peserta, maka setelah pengukuran antropometri dan tekanan darah, mereka menunggu antrian tabulansi dan konsultasi gizi di ruang tunggu yang terpisah.
Acara Kozi 5 ini berakhir pukul 13.00 WIB Dari form kepuasaan dapat disimpulkan bahwa peserta puas dengan adanya konsultasi gizi ini dan mereka menyarankan agar kegiatan ini tetap berjalan rutin.

No comments:

Post a Comment