Thursday, June 4, 2015

Pentingnya Membaca Label Makanan!!!








Masih ingatkah kalian isi 10 Pesan Umum Gizi Seimbang?? Ingatkah jika salah satu pesan gizi seimbang adalah membaca label pada kemasan makanan??. Berdasarkan hasil kajian Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) di Indonesia, label pangan masih kurang mendapat perhatian dari konsumen. Hanya sekitar 6,7% konsumen yang memperhatikan kelengkapan label produk pangan yang mereka beli. Padahal, perilaku membaca label makanan dapat digunakan sebagai salah satu tindakan preventif dan promotif dalam upaya untuk memelihara kesehatan.
            Lalu, apa sih label pangan itu? Menurut Undang-Undang nomor 7 tahun 1996 tentang pangan, label pangan adalah setiap keterangan tentang pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada, atau merupakan bagian kemasan pangan. Menurut Undang-Undang nomor 18 tahun 2012, komponen label pada kemasan pangan adalah nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat pihak yang memproduksi, halal bagi yang dipersyaratkan, tanggal dan kode produksi, tanggal kadaluwarsa, nomor izin edar bagi pangan olahan dan asal-usul bahan pangan olahan.
 Dalam Nutrition Fact, konsumen sering kali tidak memperhatikan takaran saji (serving size), sehingga
terkadang konsumen terjebak dengan informasi nilai gizi yang terkandung di dalam satu kemasan makanan tersebut. Keberadaan informasi nilai gizi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh konsumen dalam melakukan pemilihan yang bijak terhadap produk pangan, terutama kandungan zat gizi yang ada di dalamnya.
Informasi yang juga sangat penting pada kemasan makanan yang perlu diperhatikan adalah tanggal kadaluwarsa. Dengan adanya tanggal kadaluwarsa tersebut, kita bisa mengetahui apakah makanan tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak. Banyak sekali kasus keracunan karena makanan yang dikonsumsi telah melewati tanggal kadaluwarsa.
Pada label makanan dan minuman kemasan, jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk cara penyimpanan.
Untuk itu, teliti dan cermati sebelum membeli makanan kemasan. Bacalah label pada kemasan makanan agar asupan makanan terkontrol dan kesehatan tetap terjaga, karena kebiasaan baik berujung pada kesehatan yang optimal. Love your body with great nutrition.


Ditulis oleh : Putri Wijayanti Gizi 2013



2 comments:

  1. bagus sih infonya mengingatkan pembeli untuk membaca tabel nutrisi
    namun alangkah baiknya disertakan pula pengertian dan manfaat dari poin poin yang ada dalam tabel nutrisi tersebut, saya sendiri sering membaca tabel nutrisi namun belum begitu paham apa saja manfaat dan maksud dari semua poin yang ada di dalam tabel nutrisi tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya, untuk kedepannya kami usahakan memberikan info yang lebih lengkap lagi :)

      Delete