Tuesday, September 1, 2015

7 FAKTA DAN MITOS TENTANG DIET




1. Mitos: Sarapan membuat  semakin gemuk
Fakta: Sarapan tidak akan membuat gemuk asal sesuai dengan kebutuhan kalori yang ada. Saat tidak sarapan, tubuh akan lemas dan membuat anda makan lebih banyak pada siang hari. Ini malah akan membuat metabolisme tubuh menjadi kacau.

2. Mitos: Air dingin membuat berat badan bertambah
Fakta: Bukan air dingin yang membuat berat badan bertambah tetapi minuman bersoda atau minuman yang mengandung kalori tinggi lah yang membuat gemuk. Jadi bukan masalah dingin atau tidaknya, tetapi total kalori yang ada pada minuman tersebut. Air putih tidak mengandung kalori sehingga tidak akan membuat gemuk.

3. Mitos: Asupan Karbohidrat berlebih membuat berat badan bertambah
Fakta: Yang membuat berat badan bertambah adalah
jumlah kalori dalam sehari yang tidak seimbang dengan aktivitas yang dilakukan. Jumlah kalori tidak hanya dari asupan karbohidrat, namun juga bisa berasal dari asupan protein maupun asupan lemak.

4. Mitos: dapat mengurangi berat badan dalam waktu singkat
Fakta: Tidak akan ada berat badan yang dapat turun drastis dalam waktu singkat karena penurunan berat badan membutuhkan waktu yang lama. Saat banyak iklan yang menggiurkan, sebenarnya yang turun bukan berat badannya namun komposisi air pada tubuh.

5. Mitos: Makan malam membuat gemuk
Fakta: Makan malam tidak akan membuat gemuk jika asupan makan malam sesuai dengan kebutuhan kalori dan aktivitas yang dilakukan selama sehari.

6. Mitos: daging merah membuat gemuk karena mengandung lemak
Fakta: komposisi daging merah tidak hanya lemak, namun juga terdiri dari protein maupun vitamin. Berat badan seseorang bertambah bukan hanya dari asupan lemak saja namun asupan kalori (yang terdiri dari asupan protein, karbohidrat, lemak) selama sehari.

7. Mitos: makan lebih sering untuk menghindari rasa lapar
Fakta: Saat makan lebih sering, malah membuat kita mematikan saraf lapar dalam tubuh kita. Saat makan lebih sering, saraf lapar akan mati dan tidak bekerja lagi. Selain saraf lapar kita mati, hormon leptin ,menjadi tidak bekerja jika kita sering makan. Kita dapat merasakan lapar karena adanya hormon leptin dan saraf lapar. Namun, pada orang yang mengalami obesitas, saraf lapar dan hormon leptin mereka tidak bekerja, sehingga mereka tidak dapat mengontrol makan (sering makan).


No comments:

Post a Comment