Sunday, August 16, 2015

5 Manfaat dari Kebiasaan Minum Air Putih



Artikel Gizi Says : 5 Manfaat dari Kebiasaan Minum Air Putih

Air minum adalah salah satu kebutuhan hidup paling vital bagi manusia. Dengan mengkonsumsisnya secara teratur, maka hal tersebut dapat membuat manusia bertahan hidup. Manusia bisa bertahan hidup walaupun asupan makanan ke dalam tubuhnya tidak banyak. Namun, jika asupan air ke dalam tubuh yang kurang, maka manusia sulit untuk bertahan hidup untuk waktu yang lama. Berikut 5 diantara 10 manfaat sehat dari kebiasaan minum air putih setiap hari dalam Top 10 Home Remedies.

1. Mengurangi Rasa Lelah
Saat tubuh kekurangan cairan, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh jaringan tubuh melewati aliran darah karena terjadinya penurunan volume darah. Selain itu beberapa organ utama lain yang semestinya bekerja optimal menjadi kurang efisien akibat dehidrasi tubuh. Apabila tubuh merasa lelah hal utama yang dilakukan adalah minum air putih minimal tiga gelas, setelah itu biarkan tubuh istirahat sejenak.

2. Meningkatkan Mood
Sebuah riset kecil yang dilakukan pada 25 wanita dan hasilnya ditulis di dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Ketika seseorang sedang dalam mood yang tidak baik, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup dan kemudian mood positif akan kembali lagi.

3. Baik Untuk Pencernaan
Minum banyak air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu kelancaran proses pengolahan makanan karena gerakan usus menjadi teratur. Para ahli merekomendasikan kita untuk minum air putih hangat ketika mengalami sembelit karena baik untuk melancarkan pencernaan makanan.

4. Mengontrol Suhu Tubuh
Jumlah air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mengatur suhu badan karena air dapat melepaskan panas tubuh saat mengeluarkan keringat. Suhu badan yang terkontrol juga menjadikan tubuh merasa lebih bersemangat saat berolahraga. Minum air sehabis olahraga juga akan memperkecil risiko terjadinya nyeri sendi dan otot, serta mencegah kram dan keseleo.
5. Mengatasi Napas Bau
Bau mulut disebabkan oleh kurangnya minum air sehingga mulut jadi lembab dan tidak dapat menyapu partikel makanan serta mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Minum air minimal delapan gelas setiap hari maka aroma kurang sedap yang keluar dari mulut lama kelamaan akan hilang karena bakteri atau kuman penyebabnya telah mati.

Selain kelima manfaat diatas terdapat 5 manfaat lain dari kebiasaan minum air putih secara teratur yaitu, dapat meredakan sakit kepala, meningkatkan nafsu makan, mengeluarkan racun tubuh, mencegah batu ginjal dan mengurangi efek negatif dari alkohol. Ternyata walau terlihat sepele, terbiasa untuk minum air putih setiap hari merupakan suatu langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh selain dengan mengatur asupan makan dan melakukan aktifitas fisik. Jadi, ayo mulailah kebiasaan baik ini dari sekarang! J

No comments:

Post a Comment