Monday, November 5, 2012

Konsultasi Gizi 2012 ( KOZI 2012 )



Konsultasi gizi merupakan salah satu proker divisi aplikatif Ormagika. Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa  proker ini memfasilitasi mahasiswa Gizi FKUB untuk mengaplikasikan ilmu selama di perkuliahan, terutama Nutrtion Assessment dan Nutrition in The Life Cycle. Proker kozi tahun ini hadir dengan konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum kozi, panitia menyelenggarakan pelatihan untuk partisipan antropometri dan tabulasi. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta (mahasiswa Gizi semester 2 dan 4) agar menjadi lebih berkualitas dalam memberikan pelayanan gizi kepada masyarakat
1.      Pelatihan antropometri dilaksanakan tanggal 21 April 2012 di biomed keramik pukul 08.00-10.00 WIB dengan menghadirkan Ibu Nia Novita Wirawan, S.TP, M.Sc sebagai pematerinya. Dalam pelatihan tsb peserta mendapatkan ilmu-ilmu mengenai penimbangan BB dan pengukuran TB, LILA dan WC. Jumlah peserta dalam pelatihan adalah 78 orang, yang meliputi mahasiswa Gizi FKUB semester 2 dan 4. Dari jumlah tsb dipilih 48 orang yang dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat sebagai partisipan antropometri.
2.      Pelatihan tabulasi dilaksanakan tanggal 25 April 2012 di biomed keramik pukul 15.30-17.00 WIB dan hanya diikuti oleh mahasiswa Gizi FKUB semester 4. Pemateri dalam pelatihan tabulasi ini adalah Ibu Widya Rahmawati, S.Gz, M.Gizi. Dalam pelatihan ini disampaikan beberapa materi tentang perhitungan kebutuhan energi dan penentuan status gizi. Jumlah peserta dalam pelatihan adalah 63 orang, yang hanya meliputi mahasiswa Gizi FKUB semester 4. Dari 63 orang, dipilih 36 orang yang dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat sebagai partisipan tabulasi.
Kozi dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun. Kozi tahap 1 terlaksana pada hari Minggu, 29 April 2012 di depan perpustakaan umum Universitas Brawijaya mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Kozi tahap 2 dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2012, dan kozi tahap 3 dilaksanakan pada tanggal 16 September 2012 . Sasaran kozi  ini adalah masyarakat umum, baik masyarakat yang sedang berolahraga di sekitar bundaran gedung rektorat UB maupun mahasiswa yang berada di kawasan Unversitas Brawijaya.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, konsultan kozi kali ini berasal dari alumni Gizi FKUB dan mahasiswa SAP Gizi. Konsep terbaru selanjutnya adalah adanya pendamping konsultan dari mahasiswa Gizi FKUB semester 6. Kedua peran di atas berkolaborasi dalam memberikan konsultasi kepada klien terkait masalah gizi yang dihadapinya.  

No comments:

Post a Comment