Monday, November 5, 2012

Study Club 2012



Pelaksanaan study club pada bulan Mei ini konsepnya sama pada bulan-bulan sebelumnya. Dalam satu kelompok tersebut terdapat seorang ketua kelompok yang gunanya untuk mengatur dan mengarahkan anggota kelompoknya untuk mengikuti study club, ketua kelompok Study Club mempunyai kewajiban untuk menghubungi tentor dan membuat kesepakatan untuk pelaksanaan tentor. Apabila tentor yang bersangkutan tidak bisa datang maka kegiatan Study Club bisa diundur dan dicarikan waktu lain lagi atau apabila mendadak mereka ingin study club, mereka bisa menghubungi tentor kelompok lain dari mata kuliah yang akan di SC kan tersebut.
            Namun, pada pelaksanaan Study Club yang ke-2 ini kurang memenuhi indicator keberhasilan bagi angkatan gizi 2010. Masih banyak beberapa kelompok yang belum melaksanakan SC di bulan Mei ini. Dan rata-rata mereka tidak mematuhi peraturan SC, apabila tentor berhalangan hadir kelompok tersebut tidak menghubungi tentor lain, ada juga kelompok yang tidak pernah SC sama sekali karena kesibukan antar anggota kelompok SC dan tentor sehingga susah untuk menentukan jadwal SC. Untuk angkatan gizi 2010 hanya mata kuliah intermonev klinik yang sering di SC kan, sebab tentor yang bisa dihubungi hanya dari tentor intermonev klinik saja. Dan dari rekapan absensi yang terkumpul dari bulan kemarin sampai bulan Mei ini hanya satu kelompok yang menyetorkan absen sebagai bukti partisipasinya dalam SC, sedangkan kelompok lain tidak ada kepastian mereka melaksanakan SC atau tidak, sebagai tindak lanjutnya akan dikonfirmasi ulang langsung pada ketua kelompok SC.
            Untuk pelaksanaan SC gizi angkatan 2011 sudah lumayan baik dan antusiasme beberapa kelompok sangat baik dilihat dari rekapan absen. Untuk kelas A1 kelompok SC terdiri dari 9 kelompok, namun hanya 3 kelompok yang melaksanakan SC, sedangkan pada A2 terdiri dari 10 kelompok, namun hanya 1 kelompok yang tidak melaksanakan SC. Untuk mata kuliah yang di SC kan sudah merata, rata-rata mereka tiap pertemuan SC mempelajari materi atau mata kuliah yang berbeda-beda. Partisipasi tentor pun lumayan baik, malah ada salah satu tentor biokimia yang melaksanakan tentor 9x pada gizi 2011. Jadwal antar kelompok dan antar tentor pun masih belum begitu susah, mereka masih bisa mengatur jadwal untuk  melaksanakan kegiatan SC.
            Harapannya kegiatan SC ini akan tetap dilaksanakan apabila indicator keberhasilannya tercapai, kalau indicator keberhasilan tidak tercapai maka kegiatan SC tidak akan dilaksanakan. Semoga untuk bulan depan bisa semakin baik.

No comments:

Post a Comment