Friday, May 27, 2016

RUMAH DISKUSI

Rumah Diskusi ORMAGIKA 2016


Rabu, 25 Mei 2016
Ruang 317 GPP Lantai 3

          Rumah diskusi adalah acara diskusi yang membahas tentang beasiswa yang didapatkan oleh mahasiswa gizi FKUB. Pada rumah diskusi pertama ini membahas tentang "Beasiswa Bukan Mimpi" yang terdiri dari beasiswa S1, TA, dan study S2 di luar negeri . Pemateri yang hadir yaitu Kak Diana Mifa Pitaloka dan Kak Karina Muthia dari 2011, Kak Apriliawan Hidayatullah dari 2012, kemudian ada Kak Caecilia Cita S. A dan Kak Defanda Tritya dari 2013. Kak Karina dan Kak Diana sekarang sudah masuk ke dalam Taipei Medical University dengan jurusan gizi, namun Kak Diana juga mendapat beasiswa di Hokkaido University untuk research tentang DNA. Kak Irwan mendapatkan beasiswa tugas akhir dari Indofood. Sedangkan Kak Cita dan Kak Defanda mendapatkan beasiswa S1 dari Djarum.
          Bentuk beasiswa yang didapatkan juga berbeda-beda. Taipei Medical University memberikan beasiswa berupa uang saku dan pembayaran SPP. Beasiswa Djarum memberikan uang saku per bulan dan pelatihan soft skills. Beasiswa tugas akhir Indofood memberikan pembiayaan penuh untuk tugas akhir. Persiapan yang harus dilakukan juga berbeda-beda tergantung permintaan institusi ataupun universitas. Sebagai contoh, untuk tes beasiswa Taipei Medical University tidak memerlukan tes wawancara, sedangkan untuk tes beasiswa Hokkaido melalui beberapa tahap tes wawancara. Sedikit tambahan untuk beasiswa di Jepang, beasiswa yang didapatkan Kak Karina adalah beasiswa research, bukan beasiswa sebagai mahasiswa. Research akan berlangsung selama dua tahun, selama research di Jepang kita boleh mencari universitas di sana dan mendaftar sebagai mahasiswa.
          Dari diskusi tersebut banyak sekali pesan dan motivasi dari kakak-kakak salah satunya yaitu pesan dari Kak Cita, beasiswa bukan untuk orang yang pintar, namun untuk orang yang mau berusaha. Jadi, jangan ragu untuk mau mendaftar atau mendapatkan beasiswa karena semuanya berawal dari niat, manfaatkan kesempatan yang ada karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

#OMGMetamorfosa #GiziFKUB

No comments:

Post a Comment