Thursday, April 21, 2016

FORKAZI

KEBERADAAN 10 PESAN GIZI SEIMBANG PADA MASYARAKAT


Apa slogan gizi Indonesia?
Pada awalnya, slogan gizi Indonesia adalah 4 Sehat 5 Sempurna, yang mengadaptasi dari Basic Four  yang diperkenalkan oleh ADA (American Dietetic Association). Sayangnya, setelah penerapan Basic Four tersebut, mulai muncul banyak masalah terkait overweight, obesitas, maupun malnutrisi.  Hal ini dikarenakan tidak adanya proporsi 4 sehat 5 sempurna yang disosialisasikan secara menyeluruh.  Contohnya saja, masyarakat yang mengonsumsi satu mangkuk nasi, satu butir telur,  5 potong daging, satu lembar selada, satu gelas susu, sudah dapat dibilang telah menerapkan 4 sehat 5 sempurna. Padahal, porsi yang diambil belum tentu seimbang dan sesuai dengan kebutuhan.
Akhirnya, pada tahun 1990, slogan ini mulai diganti menjadi NutritionGguide for Balance Diet. Nutrition Guide for Balance Diet ini diadaptasi oleh Indonesia menjadi 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Sayangnya, bahkan ketika kebanyakan dari masyarakat sudah menginjak umur anak sekolah sekitar tahun 2000 an, slogan yang disosialisasikan masih 4 sehat 5 sempurna. Tiga belas Pedoman Umum Gizi Seimbang ini masih terus berjalan hingga tahun 2013.
Pada tahun 2014, 13 PUGS sudah diganti menjadi 10 Pesan Gizi Seimbang (PGS). Penggantian ini beralasan karena 13 PUGS dirasa kurang relevan dan susah untuk dihafalkan, sehingga ada kecemasan tentang minimnya masyarakat tentang 13 PUGS ini. Pada dasarnya 13 PUGS dan 10 PGS tidak terlalu berbeda, karena 10 PGS hanyalah versi singkat dari 13 PUGS. Jadi, tidak ada pengubahan signifikan dari 13 PGS menjadi 10 PGS.
Secara singkat, 10 Pesan Gizi Seimbang berisi:
  1. Syukuri dan nikmati keanekaragaman makanan
  2. Konsumsi lauk pauk berprotein tingg
  3. Konsumsi aneka ragam sayur dan buah
  4. Konsumsi aneka ragam makanan sumber karbohidrat
  5. Batasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak tinggi
  6. Biasakan sarapan
  7. Minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan
  9. Cucilah tangan sebelum makan
  10. Olah raga teratur

 
Menurut survey yang telah dilakukan oleh mahasiswa ilmu gizi FKUB terhadap masyarakat (sebanyak 50 orang), 10 Pesan Gizi Seimbang masih diketahui oleh beberapa orang saja, bahkan dapat dihitung dengan jari.
            Masyarakat lebih mengenal dan mengetahui slogan gizi yang sebelumnya, yaitu 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna dirasa lebih singkat dan mudah dihafalkan daripada 10 Pesan Gizi Seimbang. Pada dasarnya, 10 Pesan Gizi Seimbang sudah masuk dalam kebiasaan masyarakat, tetapi masayarakat tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan termasuk ke dalam aspek 10 Pesan Gizi Seimbang.
Hal ini dapat ditangani, dengan sosialisasi kepada masyarakat, pembuatan poster, maupun brosur/leaflet yang dapat diberikan kepada masyarakat luas. Contoh sederhananya, kita bisa mensosialisasikan 10 PGS pada anak TK/SD dimana biasanya usia tersebut merupakan usia ideal untuk memperkenalkan slogan gizi yang dulu (4 sehat 5 sempurna).
 

No comments:

Post a Comment