Sunday, June 21, 2015

Nutrition Booster for Brain’s Power (Gizi untuk Meningkatkan Kemampuan Otak)



Makanan bukan sekedar membuat kenyang, hal ini tentu harus disadari semua orang. Zat gizi yang terkandung dalam makanan sangat penting peranannya terhadap kesehatan. Bebas dari penyakit, awet muda dan juga cerdas serta memiliki ingatan yang tajam merupakan impian semua orang. Setiap manusia pasti memiliki segudang aktivitas yang membutuhkan dan mengeluarkan banyak energi serta menuntut otak untuk bekerja lebih keras. Berikut ini adalah beberapa makanan kaya akan zat gizi yang dapat membantu meningkatkan ketajaman ingatan sehingga kita dapat lebih mudah dalam menjalankan aktivitas:
·         Buah-buahan
Misalnya:
Anggur mengandung antioksidan untuk melawan stres, dan berhubungan dengan gen yang melawan penuaan dini serta penurunan fungsi otak.
Apel kaya akan quercetin, sebuah antioksidan yang melindungi sel otak. Berdasarkan riset dari Cornell University, quercetin melindungi otak kita dari serangan radikal bebas.
Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin E dan juga mengandung
asam lemak tak jenuh tunggal yang berperan penting untuk kesehatan aliran darah. Akibatnya aliran darah ke otak akan lancar dan meningkatkan fungsi kognitif kita.
·         Makanan yang kaya akan asam folat
Berdasarkan sebuah penelitian makanan yang kaya akan asam folat seperti kedelai, bayam dan brokoli terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.
·         Telur
Telur mengandung choline dan vitamin B yang memegang peran penting dalam fungsi otak dan ingatan. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, dari 1400 pria dan wanita yang ikut menjadi subjek penelitian, mereka yang memakan makanan mengandung choline menunjukkan kemampuan ingatan dan kemampuan verbal yang lebih baik.
·         Ikan
Ikan mengandung asam lemak tidak jenuh dan omega-3 yang dapat mengingkatkan kemampuan otak untuk mengingat dan berperan penting dalam kesehatan pembuluh darah.
Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, terdapat hal lain yang dapat pula membantu meningkatkan kemampuan otak untuk mempertajam ingatan, diantaranya adalah:
·         Rutin berolahraga setidaknya 3 kali seminggu selama 30 menit
·         Jangan melewatkan sarapan. Pastinya sarapan yang sehat dan seimbang ya!
·         Hindari aktivitas yang dapat menimbulkan rasa stress yang berlebihan
·         Selalu positive thinking dan jangan lupa tersenyum! J
Sumber:
2014. helpguide.org. How to Improve Your Memory: Tips and Exercises to Sharpen Your Mind and Boost Brainpower
2013. livestrong.com. Foods to Keep a Teen's Brain Sharp.
Harvard Health Publication. 2012. Boost your memory by eating right. Harvard Medical School.

No comments:

Post a Comment