Sunday, June 14, 2015

KOZI 3, Berbeda itu Asik



Konsultasi Gizi (KOZI) 3 kali ini hadir dengan nuansa yang berbeda dari kozi 1 dan 2 sebelumnya. Kozi 3 ini dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juni 2015 yang bertempat di depan Lapangan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya. Kozi 3 ini dilaksanakan di dalam acara Gizi yaitu Nutrition Festival (NUTFEST) yang juga rutin diadakan setiap tahunnya. Kozi 3 dan Nutrition Festival ini berjalan dengan lancar. Acara Kozi 3 ini  dimulai pukul 08.30 WIB setelah resmi dibuka di NUTFEST oleh Wakil Dekan III yaitu dr. Bambang Prijadi, MS. tersebut berhasil menarik perhatian khususnya orang-orang yang juga sedang mengunjungi NUTFEST. Hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa orang yang bertanya-tanya mengenai apa itu Kozi kepada beberapa panitia yang sedang melakukan persiapan sebelum pukul 08.30 WIB. Kozi 3 ini merupakan kelanjutan dari Kozi 2 yang telah dilaksanakan pada 26 April 2015. Kozi 3 ini diadakan dengan 2 shift, yaitu shift pagi dan shift siang. Masing-masing shift mempunyai jumlah partisipan yang memegang antropometri (pengukuran LiLA, Waist Circumference, Tinggi Badan, Berat Badan) adalah 8 orang. Sedangkan untuk pengukuran tekanan darah yaitu 4 orang (Lakesma), Tabulansi 3 orang, dan Konsultan 7 orang (alumni dan dosen). Setelah persiapan selesai yaitu sekitar pukul 08.30 WIB, registrasi Kozi pun dibuka dan mendapat sambutan khususnya dari beberapa orang yang sedang berolahraga pagi dan pengunjung NUTFEST. Mereka datang dan melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian mengantri untuk pengukuran antropometri.


Gb 1. Registrasi Peserta Kozi 3

Setelah dari pengukuran antropometri, peserta melakukan pengukuran tekanan darah, kadar gula darah (tidak diharuskan), tabulansi, kemudian baru
melakukan konsultasi gizi.


Gb 2. Pengukuran Lingkar Perut dan Pencatatan data Anthropometri

 Gb 3. Pengukuran tekanan darah


Gb 4. Pengukuran kadar gula darah

                                                    Gb 5. Konsultasi Gizi

Peserta yang datang pada Kozi 3 ini sebanyak 73 peserta di shift pagi dan hampir semua peserta tersebut menilai positif kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil, orang dewasa, ibu hamil, sampai orang lanjut usia juga tidak mau kalah untuk konsu;ltasi gizi. Sekitar pukul 09.30 WIB, peserta yang datang mencapai puncaknya. Para peserta berbondong-bondong melakukan registrasi dan mengantri pengukuran pada Kozi 3 ini. Karena banyaknya jumlah peserta, maka setelah pengukuran antropometri dan tekanan darah, mereka menunggu antrian tabulansi dan konsultasi gizi di ruang tunggu yang terpisah. Selama menunggu antrian, para pengunjung melihat-lihat hasil karya anak gizi di stand-stand NUTFEST.


Gb 6. Pengisisan Form Kepuasan

Acara Kozi 3 ini berakhir pukul 13.30 WIB dan tidak ada shift siang. Hal ini terjadi karena hujan deras mengguyur daerah Malang termasuk di Lapangan Fakultas Ilmu dan Komunikasi Universitas Brawijaya dan membuat kawasan kozi banjir. Dari form kepuasaan dapat disimpulkan bahwa peserta puas dengan adanya konsultasi gizi ini dan mereka menyarankan agar kegiatan ini tetap berjalan rutin.



No comments:

Post a Comment