Tuesday, April 21, 2015

GIZI SEIMBANG ADALAH


Apakah yang ada di benak Anda ketika ada pertanyaan apakah gizi seimbang itu? Pasti sebagian dari Anda akan menjawab 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna merupakan slogan yang mendarah daging di kalangan masyarakat kita sejak beberapa decade ini. Slogan yang mengutarakan anjuran makan kita sehari-hari yang mengandung sumber karbohidrat, sumber protein, sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral, dan susu sebagai pelengkap. Namun tahukah Anda, bahwa slogan 4 sehat 5 sempurna ini sudah tidak lagi berlaku. Sesuai dengan perkembangan masalah dan pengetahuan di bidang gizi saat ini, slogan tersebut sudah tidak lagi dianggap pantas sebagai pedoman gizi.
Pada tahun 2014 pemerintah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang 2014 yang baru,. didalamnya terdapat 4 pilar yang harus dipenuhi, yaitu :

1.    mengonsumsi makanan beragam,  tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya, kecuali air susu ibu (asi) untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan;
2.     membiasakan perilaku hidup bersih, perilaku hidup bersih sangat terkait dengan prinsip gizi seimbang;
3.     melakukan aktivitas fisik, untuk menyeimbangkan antara pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi kedalam tubuh; 
4.    mempertahankan dan memantau berat badan (bb) dalam batas normal. (Depkes,2014)
Selain 4 pilar yang harus dipenuhi, juga terdapat  pesan gizi seimbang yang dapat mendukung terciptanya kesehatan yang prima. pesan gizi 2014 diantaranya adalah :
1.    syukuri dan nikmati anekaragam makanan;
2.     banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan;
3.     biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi;
4.     biasakan mengonsumsi anekaragam  makanan pokok;
5.     batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak;
6.     biasakan sarapan;
7.     biasakan minum air putih yang cukup dan aman;
8.     biasakan membaca label pada kemasan pangan;
9.    cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir;
10.   lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal. (Depkes 2014)

10 pesan gizi seimbang ini divisualisasikan dalam bentuk tumpeng yang merupakan cirri khas Indonesia.
           Di dasar tumpeng (berwarna ungu) terdapat makanan sumber karbohidrat yang harus kita penuhi sebagai sumber energy yang didalamnya terdapat contoh makanan sumber karbohidrat dan tidak hanya nasi saja melainkan sumber yang lain seperti Ubi, singkong, jagung dan ganyong ( umbi-umbian) yang tersedia melimpah di tanah Indonesia. porsi yang dianjurkan untuk sumber karbohidrat yang kita asup dalam sehari adalah 3-4 porsi. Artinya dalam sehari kita dianjurkan mengonsumsi sumber karbohidrat sebanyak 3-4 kali sajian, namun besaran sajian atau porsi yang disajikan harus sesuai dengan yang disarankan yaitu sebesar 100-150 gram.

            Di atasnya terdapat tumpukan tumpeng yang terbagi menjadi dua warna yaitu pink dan hijau. Warna hijau menunjukkan sumber vitamin, mineral dan serat  yaitu sayuran yang harus kita penuhi dalam makanan sehari-hari kita seperti daun ketela, bayam, sawi, kangkung, wortel, terong, kacang panjang, tauge, tomat, mentimun, bunga kol dan lain-lain. Konsumsi yang dianjurkan adalah 3-4 porsi sehari, yang berarti kita dianjurkan mengonsumsi sayuran sejumlah 3-4 kali sajian dengan porsi sajian sebesar ±100 gram. Warna pink menunjukkan buah-buahan seperti pisang, semangka, apel. Rambutan, manggis, melon, alpukat, jambu biji dan lain sebagainya. Jumlah porsi yang dianjurkan adalah 2-3 porsi dalam sehari dengan besar porsi yang disarankan adalah sebesar ±100 gram.
Untuk tumpukkan ttumpeng yang berwarna biru terdapat sumber protein hewani seperti ikan, susu, ayam,daging sapi. Dan protein nabati sperti tempe, tahu, kacang tanah, kacang kedelai, dan lain lain. Banyaknya porsi yang dianjurkan adalah 2-4 porsi perhari dengan kisaran berat yang dianjurkan adalah 50-100gram.
Di puncak tumpeng terdapat anjuran konsumsi minyak,gula dan garam yang harus dibatasi, yaitu 4 sdm untuk gula, 1 sdt untuk garam dan 5 sdm untuk minyak.
Di sekeliling tumpeng terdapat anjuran yang harus kita lakukan untuk mendukung terciptanya gizi seimbang demi mewujudkan kesehatan yang optimal. Anjuran tersebut dintaranya adalah cuci tangan menggunakan air dan sabun untuk mencegah kejadian penyakit infeksi, olahraga teratur seperti sepak bola, senam, berjalan, untuk selalu mengontrol berat, dan minum air putih sekitar 8 gelas per hari.


Lalu bagaimana gambaran porsi makan yang harus diterapkan?



Picture adapted from depkes.go.id



Makan sesuai dengan kebutuhan, sehat dan beragam adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Keseimbangan porsi antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan air menjadi kunci utama dalam pembagian porsi makan. Tentu saja pembagian porsi ini harus memenuhi angka kecukupan gizi sehingga tidak timbul suatu masalah yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap status gizi.

Mengapa perlu gizi seimbang?
Sesuai penjelasan di atas gizi seimbang diperlukan untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang hakiki. Prinsip dan pilar yang dirilis dalam pesan gizi seimbang 2014 ini membantu dalam perwujudan kesehatan masyarakat yang hakiki. Apa yang kan terjadi apabila tidak menerapkan gizi seimbang?
Tubuh manusia secara alami bekerja secara seimbang. Tuhan menciptakan keadaan ini yang dinamakan dengan keadaan homeostatis, dimana semua organ dan proses bekerja secara seimbang tanpa mengganggu satu sama lain. Demikian halnya dengan gizi seimbang, gizi seimbang akan mendukung tubuh untuk bekerja sesuai dengan hukum homeostatis sehingga tubuh tidak akan kesulitan menjalankan prosesnya. Apabila tidak tercipta kondisi yang seimbang, maka tubuh akan bereaksi dan menimbulkan gejala yang akan mengganggu proses kerja alami tubuh kita, dengan kata lain penyakit mulai menyerang tubuh kita. Jika tubuh sudah mengalami gangguan tentu saja proses yang bekerja dalam tubuh akan terganggu, tentu saja tubuh tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik seperti semula. Gangguan pada satu bagian saja akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidup manusia. Demikianlah pentingnya gizi seimbang untuk menciptakan keseimbangan tubuh.
Sebagai manusia yang bijaksana tentu saja mencegah badan agar tetap sehat dan bugar lebih baik dibandingkan dengan menunggu penyakit datang dan mengobati penyakit yang tidak pasti kapan akan pergi dari tubuh kita. maka dari itu menerapkan pesan gizi seimbang 2014 adalah pilihan tepat dalam menjaga badan tetap sehat dan bugar. kita tentu saja berharap agar permasalahan terkait gizi yang ada di masyarakat dapat terpecahkan dan tertangani dengan baik melalui pedoman gizi seimbang 2014 dan yang utama adalah terciptanya kesehatan masyarakat yang hakiki.


GO GIZI GO GIZI GO!!!!





Sumber :

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2014, Juni). Retrieved desember 29, 2014, from GiziNet: www. gizi.depkes.go.id





No comments:

Post a Comment