Thursday, May 31, 2012

ECHO 2012 ( ENTREPRENEURSHIP CHALLENGE OF ORMAGIKA )


Echo merupakan suatu acara yang diadakan oleh Organisasi Mahasiswa Gizi Kesehatan Universitas Brawijaya (ORMAGIKA) yang kegiatannya meliputi workshop kewirausahaan dan lomba entrepreneur. Pada dasarnya acara echo ini merupakan program kerja divisi Danus ORMAGIKA. Echo bertujuan untuk menumbuhkan jiwa interpreneur dan mengasah kreativitas mahasiswa gizi kesehatan agar mampu menghasilkan suatu produk baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Acara echo diselenggarakan 3 kali yaitu pada tanggal  15 April 2012, 28 April 2012 dan  27 Mei 2012.
ECHO 1 dilaksanakan tanggal 15 april 2012. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Ormagika, dan Sekretaris Jurusan Gizi. Acaranya meliputi pembekalan materi kewirausahaan yang disampaikan oleh dosen gizi yaitu pak Fajar Ari Nugraha, talkshow mahasiswa yang telah sukses dalam bidang entrepreneur, dalam hal ini panitia mendatangkan pengusaha muda yang masih berstatus mahasiswa, dan materi ketiga adalah motivasi untuk berwirausaha. Materi kewirausahaan yang di sampaikan oleh pak Fajar menginformasikan tentang pengertian kewirausahaan, tujuan berwirausaha serta syarat – syarat berwirausaha. Narasumber yang lain adalah mahasiswa yang memiliki usaha “coklat ngepot” dari Fakultas Ilmu @dimistrasi, dalam talkshow ini tampak mahasiswa yang mengikuti acara ECHO sangat antusias, hal itu dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan pada narasumber. Rangkaian acara yang ketiga adalah motivasi yang di sampaikan oleh pengusaha sukses, tujuan motivasi sendiri adalah memberikan semangat berwirausaha pada peserta ECHO. Dan acara terakhir pada ECHO 1 adalah penjelasan format proposal yang akan dibuat oleh peserta sebagai ajang lomba kewirausahaan di ECHO 2.
Acara ECHO 2 dilaksanakan pada tanggal 28 April 2012. Acara ECHO 2 di fokuskan pada presentasi proposal yang telah dibuat oleh peserta ECHO. Dari 17 kelompok yang mengikuti ECHO I, hanya terpilih 13 kelompok yang dapat mempresentasikan proposal Kewirausahaannya. Produk yang mereka buat sangat beragam, tapi pada akhirnya 8 kelompok lah yang terpilih untuk didanai. Berikut ini adalah 3 produk mahasiswa yang memiliki penilaian juri tertinggi yaitu tahu sambal, es krim lidah buaya, dan cilok sabu-sabu (sayur dan buah). Kedelapan peserta yang produknya berhasil diberi pinjaman dana dari panitia sebesar 200.000,00. Dengan dana ini diharapkan peserta dapat memulai usaha dan melaporkan hasil penjualannya pada ECHO III.
ECHO III dilaksanakan tanggal 27 Mei 2012. Setelah melakukan seleksi presentasi proposal di ECHO kedua, maka di acara ECHO ketiga ini dilakukan presentasi bagi ke 8 finalis yang masuk final. Pada presentasi final ini, finalis diwajibkan membawa produk olahannya untuk tester bagi para juri. Ada 2 juri yang di tugaskan untuk menilai presentasi kali ini, mereka merupakan seorang entrepreneur sukses dibidang pangan.
Jam 08:00 acara ECHO mulai dibuka oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan presentasi kelompok 1 hingga 5, kemudian dilanjutkan dengan istirahat sekitar 15 menit dan setelah itu acara dimulai kembali dengan presentasi dari kelompok 6 hingga 8. Semua presentasi yang disampaikan sangat menakjubkan, tapi hanya ada 2 pemenang di acara ECHO ini. Dari ke 8 produk tersebut terpilih dua produk yang menjadi juara, yaitu “so gurt” (yogurt dari susu kedelai) menempati juara 2, sedangkan yang menempati juara 1 adalah “Tahu Geledak”. Kedua pemenang tersebut memperoleh hadiah uang totalnya sebesar 250.000,00. Harapannya hadiah tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan usaha yang mereka rintis. Dengan berakhirnya acara ECHO ini, harapannya mahasiswa jurusan Gizi Kesehatan tertarik dan tidak takut untuk terjun dibidang entrepreneur.








1 comment:

  1. yey tahu geledak menang..:D
    terus lanjutkan proker2 yang memfasilitasi mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi..
    go gizi go!

    ReplyDelete