Friday, November 13, 2015

Perlambat Penuaan Otak? Makan Apa??





Pernakah anda mendengar diet kolin? mungkin diet yang satu ini masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Padahal begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapat jika melakukan diet kolin ini, salah satunya bisa memperlambat penuaan otak. Hal ini juga sudah terbukti melalui penelitian.

Kolin atau Choline merupakan  nutrisi larutan esensial yang merupakan kelompok dari keluarga vitamin B yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak serta memperlambat efek penuaan pada otak. Pernyatan ini telah dibuktikan oleh peneliti dari Boston University, Amerika Serikat. Hal ini terungkap setelah peneliti tersebut mengeluarkan hasil penelitian mereka yang terbaru mengenai asupan kolin.  Penelitian tersebut mengatakan bahwa asupan kolin yang tinggi pada manusia lanjut usia mengakibatkan terjadinya perubahan terhadap kualitas memori mereka sehingga menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang lebih muda. Hal ini juga dikarenakan dukungan faktor komposisi yang tepat dan seimbang.

Kejadian dan faktor gaya hidup apa saja yang bisa mengindikasikan suatu kebutuhan untuk memperbanyak asupan makanan yang tinggi kandungan gizi choline?
·                     Keletihan
·                     Insomnia
·                     Buruknya kemampuan ginjal untuk memusatkan urine
·                     Gangguan-gangguan syaraf otot
Nah, mungkin anda pensaran makanan apa saja yang mengandung kolin? Kolin banyak ditemukan didalam ayam, telur, ikan air asin dan kacang-kacangan seperti kacang merah. Selain bisa memperlambat efek penuaan pada otak, asupan kolin yang seimbang juga mampu menurunkan resiko terjadinya stroke atau demensia. Hal ini bisa kita lihat melalui scan otak MRI, dimana orang yang melakukan diet kolin tidak menunjukan daerah putih yang merupakan daerah tempat terjadinya penyakit stroke. Dimana penemuan dalam scan otak MRI  ini mampu  menunjukkan perbedaan signifikan pada otak yang tidak mengkonsumsi nutrisi kolin secara cukup seperti diungkapkan oleh Dr. Rhoda Au selaku peneliti senior dalam studi yang dilansir Dailymail Heath. Selanjutnya ia mengatakan  apabila seseorang kekurangan nutirisi kolin maka bisa menyebabkan  penurunan mental, menjadi pelupa bahkan menurunnya kemampuan kognitif yang akhirnya bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.
Para ilmuan sependapat  bahwa asupan nutrisi kolin sebaiknya sebanyak 500 mg per hari untuk pria dan 425 mg per hari untuk wanita. Nah, salah satu cara mudah untuk menambah asupan kolin didalam tubuh adalah dengan rajin mengkonsumsi telur ketika sarapan pagi setidaknya 1 kali sehari. Untuk penyajian nya lebih baik jika direbus untuk mencegah tambahan kolesterol yang tidak diinginkan.
Walaupun diet kolin  masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi kolin, terutama untuk  penunjnag fungsi otak kita. Choline memiliki efek-efek pengubahan lemak yang sangat mirip di dalam selaput-selaput cell kitayang  membuat selaput-selaput cell kita jadi bisa beroperasi dengan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam mengatur molekul-molekul water dan fat soluble. Kebutuhan kolin dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolin dalam makanan yang kita makan sehari-hari. Dan  jangan  lupa dengacara pengolahan yang tepat juga pastinya agar manfaat kolin dapat maksimal. Bagaimana? Anda tertarik untuk melakukan diet kolin untuk memperlambat penuaan otak atau anda punya cara tersendiri?

Source:
Busby MG, Fischer L, daCosta KA, et al. Choline and betaine defined diets for use in clinical research and for the management of trimethylaminuria. J Am Diet Assoc 2004;104:1836-45.
Zeisel SH, Mar MH, Howe JC, et al. Concentrations of choline-containing compounds and betaine in common foods. J Nutr 2003;133:1302-7.





No comments:

Post a Comment