Saturday, January 31, 2015

KOZI : Konsultasi Gizi Peringatan Hari Gizi Nasional 2015




                Pada hari Minggu, 25 Januari 2015 kemarin merupakan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN). Pada tahun 2015 ini peringatan HGN di Kota Malang diperingati dengan mengadakan kegiatan Konsultasi Gizi (KOZI) gratis yang diadakan pada saat car free day (CFD) di Jalan Ijen. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PERSAGI Kota Malang dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Malang dan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sebelum kozi dilaksanakan, panitia menyelenggarakan pelatihan untuk partisipan antropometri dan tabulasi. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan panitia terutama mahasiswa Gizi semester 1 dan 3 agar menjadi lebih berkualitas dalam memberikan pelayanan gizi kepada masyarakat. Panitia dari kegiatan ini meliputi beberapa mahasiswa Poltekkes, Gizi FKUB semester 1 dan 3 serta beberapa SAP, beberapa dosen dari Gizi FKUB dan Poltekkes, serta beberapa perwakilan dari PERSAGI Kota Malang.
                Lokasi pelaksanaan konsulasi gizi kali ini terletak di depan Museum Brawijaya dan diadakan mulai pukul 06.30-09.00 WIB. Kegiatan yang dilakukan
untuk memberikan pelayanan gizi kepada masyarakat dengan sasaran yaitu untuk kalangan masyarakat di semua umur di lingkungan CFD. Kegiatan ini meliputi pengukuran antropometri seperti BB, TB, LILA, Body Fat,  Visceral Fat, BMI, Kebutuhan energy tubuh, serta Body Age, dan pengukuran tekanan darah serta pemberikan konsultasi gizi. Untuk pengukuran antropometri dilakukan oleh beberapa mahasiswa Gizi FKUB yang sudah diberi pelatihan terlebih dahulu, untuk pengukuran tekanan darah dilakukan oleh 2 orang dosen yang juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa. Sedangkan untuk pemberian konsultasi gizi dilakukan oleh beberapa dosen yang sudah berkompeten. 
 
 
 
                Selain itu, dari mahasiswa Poltekkes Malang juga mengadakan penjualan jajanan yaitu cilok “pelangi” yang terbuat dari bahan-bahan dan pewarna makanan yang sehat, serta bebas bahan pengawet, tetapi tetap menarik karena warna yang disuguhkan beragam. Pejualan cilok tersebut pun tidak kalah laris dengan masyarakat yang tertarik untuk mendaftar dalam konsultasi gizi yang diadakan. Selain cilok “pelangi”, masyarakat yang telah berpartisipasi untuk mengikuti konsultasi gizi juga diberi sebuah souvenir berupa beberapa buah-buahan yang juga diberikan secara gratis sehingga respon masyarakat pun sangat positif. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang mengharapkan kegiatan ini akan diadakan pada minggu-minggu selanjutnya.
Namun, karena keterbatasan sumber daya maka kegiatan ini masih belum bisa diadakan di CFD disetiap minggunya. Tetapi untuk kedepannya kegiatan KOZI ini masih akan dilakukan di beberapa tempat yang akan diadakan oleh Gizi FKUB.



No comments:

Post a Comment